Surat Keramat Soal Kriminalisasi Pejuang PPLP, Tukijo

Posted on December 3, 2009


Tukijo-Pelawan

Kami, Paguyuban Petani Lahan Pantai – Kulon Progo (PPLP-KP) adalah para petani yang sedang memperjuangkan hak hidup dan kelestarian pertahanan alam ini agar lebh baik. Namun perjuangan kami kali ini berusaha dikerdilkan oleh kekuasaan dengan alat hukum nya. Beberapa waktu lampau sekelompok petani dari Desa Karang Sewu, Kulon Progo, berusaha mencari tahu dengan menanyakan langsung soal data tanah desa ke kepala dukuh. Namun itu dijadikan alasan untuk menjegal perjuangan kami dengan cara mengkriminalisasikan salah satu teman kami petani bernama Tukijo. Penguasa menggunakan hukum untuk memproses Tukijo dengan memberatkannya melalui pasal karet dengan istilah pencemaran nama baik.

Kami tanya, siapa sebenarnya yang mencemari? Bukankah kalian para investor, pengusaha JMI yang sedang bersekutu dengan pemerintah dan penguasa negeri ini yang mencemari hidup dan alam yang dirawat petani dengan menggusur dan menjadikannya tambang besi? Kami tidak perlu mengerti soal hukum yang setiap kali cuma dipakai untuk menjatuhkan orang-orang kecil seperti kami apalagi dengan tuduhan pencemaran nama baik. Kami mengerti hukum adalah alat para ornag-orang yang memiliki kekuasaan dan keistimewaan lebih dalam hidupnya untuk mendzolimi kawula alit seperti kami.

Hari ini, Tukijo, Pejuang Tani anggota dan koordinator PPLP Unit Karang Sewu sedang menjalani proses kriminalisasi hukum di pengadilan, setelah melampaui proses di kepolisian, proses apel selama 2 bulan lebih ke kantor polisi dan kantor kejaksaan, dan kami tidak suka sama sekali dengan cara kalian memelintir hukum menjegal perjuangan kami menolak tambang besi. Petani dan Segenap Rakyat Pesisir Kulon Progo yang terwadah dalam PPLP menuntut:

  1. Bebasakan Tukijo sekarang juga !!!
  2. Hentikan proses penghukuman terhadapa Tukijo, pejuang petani PPLP !!!
  3. Stop segala upaya mengkriminalisasi pejuang petani PPLP yang sedang menolak proyek tambang besi dan jangan pernah mengulanginya lagi !!!
  4. Hentikan seluruh proses rencana ’tipu-tipu manipulasi’ Proyek Pertambangan Bijih Besi di Kulon Progo oleh JMI, Pemerintah dan Siapapun !!!
  5. Jangan lagi mencoba-coba menakut-nakuti petani dengan memproses secara hukum dan menciptakan konflik-konflik horizontal yang suka sekali dilakukan penguasa dan pengidam proyek tambang besi.

Jika kalian tidak lagi mendengar aspirasi kawula alit seperti kami, petani yang merawat alam dan hidup negeri ini, maka kami akan merancang strategi dan taktik yang lebih tajam dan terarah, baik itu dengan proses hukum dan di luar proses hukum demi menggagalkan proyek Tambang Besi di Kulon Progo dan mempertahankan hidup serta alam pesisir ini.

Bugel, 1 Desember 2009

Posted in: SURAT KERAMAT